Komentar Pembaca

terimakasih atas ilmu yang bermanfaat

oleh Abu Ubaidillah (2020-04-21)


https://www.abiabiz.com - Untuk kali ini, admin dari Catatan Islami akan membicarakan sedikit perihal keutamaan tidak benar satu bersedekah, yakni bersama bersama bersedekah maka harta yang dimiliki tidak akan pernah habis namun akan bertambah dan terus menerus bertambah sesuai bersama bersama janji Allah swt.

Oleh karena itu, semoga artikel simple ini mampu meningkatkan wawasan serta mempertebal keimanan kita kepada Allah swt. lewat bersedekah. Logikanya, segala sesuatu, apa pun itu pasti akan berkunjung jaman habis. Apalagi jikalau sesuatu itu bersifat harta benda dunia karena segala sesuatu yang bersifat duniawi, tidak akan kekal keberadaannya. Akan tetapi, perihal ini tidak berlaku bagi orang yang bersedekah, harta benda yang disedekahkan kepada orang yang sedang butuh tidak akan kurangi sedikit pun kekayaan orang yang bersedekah.

Abu Hurairah ra. memberitahukan bahwa Rasulullah saw. bersabda: "Pemberian Allah senantiasa memadai dan tidak pernah berkurang walau disedekahkan siang dan malam. Pernahkah terpikir olehmu, sudah berapa banyakkah harta yang dinafkahkan Allah sejak terciptanya langit dan bumi? Sesungguhnya apa yang ada di tangan Allah tidak pernah berkurang karenanya. 'Arsy-Nya ada di atas air, sedang di tangan-Nya yang lain maut yang senantiasa naik turun."

Dengan Bersedekah Harta Terus Bertambah

Bahkan harta yang disedekahkan selanjutnya akan diganti oleh Allah swt. bersama bersama berlipat ganda. Hal ini disebabkan di di dalam firman-Nya yang berbunyi:

"Perumpamaan nafkah yang dikeluarkan oleh orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalur Allah adalah sama bersama bersama sebutir benih yang menumbuhkan tujuh butir terhadap tiap-tiap butir seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang dikehendaki. Dan Allah Maha Luas karunia-Nya kembali Maha Mengetahui." (Q.S. al-Baqarah: 261).

Abu Hurairah ra. mengabarkan, Rasulullah saw. bersabda: "Tidak seorang pun yang menyedekahkan hartanya yang halal di mana Allah menerimanya bersama bersama kanan-Nya walau sedekahnya itu hanya sebutir kurma maka kurma itu akan bertambah besar di tangan Allah Yang Maha Pengasih agar jadi lebih besar dari terhadap gunung. Demikian Allah pelihara sedekahmu, sebagaimana halnya kamu pelihara anak kambing dan anak unta yang jadi lama lama jadi lama besar." (H.R. Muslim).

Demikianlah ulasan singkat perihal tidak benar satu dari sekian banyak keutamaan sedekah. So, sudahkah Anda bersedekah hari ini? Seperak duwit receh di saku tak kudu dijadikan alasan untuk enggan bersedekah. Jika pun tak mempunyai apa, cukuplah bersedekah doa berangkat kerja bersama bersama senyuman. Bukankah senyuman itu sedekah yang paling murah namun penuh arti dari Ilahi?

Insya Allah berfungsi dan kesempurnaan hanyalah punya Allah swt.