Komentar Pembaca

Bluss

oleh Aira Handayani (2020-12-04)


Desa Tomok adalah salah satu nama Desa di Pulau Samosir yang sangat melekat dengan kepariwisataan. Hampir semua orang yang pernah menginjakkan kaki di Pulau Samosir, pasti pernah mengenal Desa Tomok. Banyak alasan mengapa Desa Tomok ini sangat terkenal. Pertama adalah bahwa Tomok merupakan kampung di daratan Pulau Samosir di mana terdapat terminal kapal ferry yang datang dari terminal Ajibata (Parapat) sekaligus tempat di mana terdapat terminal kapal motor umum berada yang membawa penumpang umum atau kapal carter turis yang datang dari Parapat. Dengan demikian, tidaklah berlebihan bahwa Tomok memang terminal ferry dan kapal motor yang sangat sibuk setiap hari hingga malam.

Ada apa dengan Tomok? Itu tentu menjadi pertanyaan bagi setiap pembaca. Paket tour danau toba tidak pernah sempurna sebelum wisatawan sampai di Pulau Samosir. Sedangkan Tomok adalah salah satu dari destinasi wisata yang ada di Pulau Samosir, mulai dari wisata sejarah, wisata budaya, pusat penjualan souvenir hingga terminal pendaratan kapal motor umum, carter dan ferry penumpang dan barang.

Selain itu, destinasi wisata yang dikunjungi oleh turis dalam paket wisata samosir adalah Makam Batu Raja Sidabutar yang telah berusia 460 tahun. Raja Sidabutar adalah manusia pertama yang datang ke Tomok dan memiliki kesaktian luar biasa. Riwayat Raja Sidabutar sebenarnya panjang termasuk kisah percintaannya dengan Anting Malela. Akan tetapi kita tidak akan membahas itu terlalu jauh karena fokus kita adalah membicarakan Desa Tomok sebagai destinasi wisata.

Berikutnya adalah sigale-gale, patung yang menari tortor (tarian khas Batak Toba) yang terbuat dari kayu dan dimainkan diiringi audio musik. Anda bisa menortor bersama-sama bila tertarik. Tidak ada jadwal bermain, semua tergantung pada keberadaan pengunjung yang mendatangi sigale-gale. Itulah beberapa keseruan paket wisata danau toba yang kami kelola dan itu pula yang menyebabkan banyak turis yang senang berwisata dengan kami. Selain kami menyelenggarkan tour danau toba murah, kami tidak pernah menyingkat atau memotong daftar perjalanan wisatawan sesuka hati. Semua program paket tour samosir dilalui semaksimal mungkin.

Sebelum meninggalkan Tomok, wisatawan biasanya diarahkan ke pusat penjualan souvenir yang ada di dekat terminal kapal motor. Anda bisa membeli aneka oleh-oleh khas Danau Toba yang menyenangkan bagi anda. Aurora Wisata sangat menghargai setiap wisatawan yang telah mempersiapkan biaya liburan ke danau toba dengan cara memberikan pelayanan terbaik bagi semua wisatawan yang kami tangani.