Komentar Pembaca

Kearifan lokal yang ada di Indonesia

oleh asd fg (2022-06-20)

MeresponJual blog zombie

Grebeg Syawal di Yogyakarta
Jogja sangat istimewa. Sudah terkenal karena berbagai budaya dan kebijaksanaan lokal yang mempertahankan budaya dan generasi leluhur terus menerus dalam generasi.

Salah satunya adalah tradisi Grebeg Shawwal. Apa itu Grebeg Syawal?

Nah, Grebeg Shawwal diadakan setiap 1 Shawwal yang merupakan bentuk rasa terima kasih dari Sultan untuk kehadiran Idul Fitri.

Di mana setelah sebulan puasa puasa di bulan suci Ramadhan.

Perayaan berlangsung dengan mengarak Pegunungan Kekung, dan Pegunungan Putri yang terdiri dari sayuran dan hasil panen lainnya.

Selain itu, pegunungan memiliki makna dan simbol, yaitu sebagai simbol dari Sultan sedekah bagi rakyatnya.

Acara Grebeg Syawal memang merupakan kebijaksanaan lokal yang unik dan dapat membangun perasaan persatuan di masyarakat.

Karena penduduk nantinya dapat mengambil gunung yang percaya sebagai berkah, kemakmuran bagi mereka yang mendapatkannya.

Seba di Banten
contoh kearifan lokal - Kebijaksanaan lokal ini dikenal sebagai Seba. Di mana suku Baduy itu sendiri dikenal sebagai suku yang ditutup di dunia luar.

Dan masih begitu kuat dalam pemeliharaan dan pemeliharaan tradisi kebijaksanaan lokal leluhur pada saat aliran modernisasi yang cepat.

Namun, jangan salah, suku Baduy tidak selalu dekat dari dunia luar. Penduduk Baduy sendiri meninggalkan desa dan mereka berjalan pada jarak 100 kilometer.

Ini dilakukan untuk memberikan panen kepada Ms. Gede dan Mr. Gede yang berlokasi di kota Serang.

Apa yang Anda maksud dengan ibu dan ayah yang hebat? Sekarang adalah niat Bupati Lebak dan Gubernur Banten.

Tradisi yang menjadi kebijaksanaan lokal disebut Baduy untuk bertujuan untuk mempertahankan persaudaraan.

Serta bentuk untuk mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada pemerintah daerah sebagai penghormatan yang dibayarkan kepada Kerajaan atau kepada Raja.