Komentar Pembaca

Hak Dan Kewajiban Siswa Di Sekolah

oleh asd fg (2020-08-08)

MeresponTrik PC

Sekolah adalah tempat dimana para siswa berkumpul untuk mendapatkan ilmu. Di tempat itulah siswa ditempa dan dibina untuk menjadi sosok yang baik dan berguna bagi sekitarnya. Hal ini sebagaimana yang tertuang dalam tujuan pendidikan nasional.

Untuk mencapai tujuan tersebut, siswa harus menjalankan berbagai kebijakan yang telah ditetapkan oleh pihak sekolah. Semua aturan dibuat demi kebaikan para siswa. Demi kelancaran kegiatannya, siswa harus memahami dan melaksanakan berbagai hal berikut:

  1. Kewajiban

Kewajiban siswa di sekolah adalah hal-hal yang harus dilakukan dan tidak boleh diabaikan. Setiap pengaturan yang diberikan adalah demi kebaikan siswa itu sendiri. Mengenai kewajiban ini mata pendidikan telah menjelaskan dalam paparan yang sangat lengkap dalam artikel

kewajiban siswa di sekolah. 

 

Diantara kewajibannya adalah datang tepat waktu, pulang tepat waktu, mengerjakan tugas-tugas, menjalan kedisiplinan, dan sebagainya. kewajiban ini bukan untuk kepentingan guru semata, sesungguhnya ini adalah demi kebaikan anak-anak didik juga.

 

Meskipun tak dilarang juga untuk bermain, namun jangan sampai juga itu menjadi prioritas. Sehingga hal-hal yang lebih penting untuk dilakukan. Misalnya, jangan sampai terjebak dengan kegiatan yang tidak produktif seperti masalah percintaan.

 

Misalnya, dengan menjadi bucin dan terjebak menjadi budak cinta yang hari harinya dihabiskan untuk memuaskan keinginan orang yang dicintanya. Padahal, yang namanya cinta harus dikelola sewajarnya agar tidak berlebihan dan membuat sakit diri sendiri.

 

  1. Hak

Hak siswa di sekolah adalah apa-apa yang menjadi kemestian untuk didapatkan oleh para pelajar. Setelah kewajibannya terlaksana, para guru dan tenaga kependidikan yang bertugas sebisa mungkin juga menjalankan berbagai hal yang telah menjadi hak siswa. Dalam sumber yang sama, dijelaskan juga dengan apik dalam artikel hak siswa di sekolah. 

 

Hak siswa juga sangat banyak. Sama banyaknya dengan kewajiban. Agar fair dan adil, hak ini boleh dituntut oleh siswa manakala para guru, tenaga kependidikan, staff dan sivitas akademika tidak memberikan yang semestinya. Tentu saja dengan cara yang baik.

 

Salah satu hal yang penting untuk dipenuhi oleh sekolah adalah fasilitas yang menunjang untuk mendapatkan literasi yang baik dalam kegiatan pendidikannya. Untuk itulah, ada peran literasi sekolah. 

 

Selain itu, siswa juga berhak mendapatkan pengajaran yang baik, mendapatkan perlakuan yang adil tanpa diskriminasi, menggunakan sarana pra sarana yang ada, mendapat kesempatan mengikuti ekstrakurikuler yang ada, hingga bertanya mana kala ada yang tidak dimengertinya di sekolah.

Mengapa harus dilaksanakan? Ini semua semata-mata tadi, agar keberlangsungan sekolah sebagai wadah dan lembaga yang menjadi ujung tombak pelaksanaan tujuan pendidikan nasional dapat tercapai. Semua pihak harus bekerjasama melaksanakan apa-apa yang sudah disepakati.

Ketidakberjalanan salah satu fungsi tentu akan membahayakan. Untuk itu, ayo jalankan dengan baik. Kerjasama dan kolektivitas diperlukan demi kemajuan negeri di masa depan yang lebih hebat. Menyongsong terciptanya generasi emas yang dapat mengangkat negeri ini dari jurang keterpurukannya.

Sebagaimana diketahui, saat ini kualitas generasi kita masih disorot karena berada dalam posisi yang belum baik.