Komentar Pembaca

Jenis jenis lele

oleh asd fg (2020-10-15)

MeresponTrik PC

Lokal lele Clarias batrachus memiliki nama latin, adalah jenis lele yang dikenal di masyarakat. Sebelum lele dumbo diperkenalkan di Indonesia, petani membudidayakan ikan lele biasa jenis ini. Namun saat ini petani jarang yang membudidayakan jenis lele lokal karena mereka dianggap tidak menguntungkan. lele lokal memiliki Food Conversion Ratio (FCR) yang tinggi, yang berarti rasio pakan yang diberikan dengan berat daging yang dihasilkan tinggi. Butuh lebih dari satu kilogram pakan untuk menghasilkan satu kilogram daging dalam satu siklus budidaya. Selain itu, pertumbuhan lele lokal cukup lambat. lele lokal berumur setahun masih kalah besar dengan lele dumbo berusia 2 bulan!

Ada tiga jenis lele lokal di Indonesia, ikan lele yaitu hitam, lele lele putih atau bergaris-garis putih dan merah. Di antara tiga jenis lele, lele hitam yang paling banyak dibudidayakan untuk konsumsi. Sementara lele merah dan putih lebih banyak dibudidayakan sebagai ikan hias. lele lokal memiliki patil yang tajam dan berbisa, terutama di lele muda. Ketika menyengat, racun yang terkandung dalam patil dapat membunuh mangsa dan manusia bisa menciptakan pembengkakan dan demam.

lele dumbo
lele dumbo pertama kali diimpor ke Indonesia dari Taiwan pada tahun 1985. Ikan ini adalah favorit di kalangan petani karena pertumbuhan dan tubuh bongsor dibandingkan dengan lele lokal yang cepat. Sebagai perbandingan, 2-bulan-tua lele dumbo tubuh besar dapat dua kali lipat dibandingkan dengan lele lokal tahun.

Ternak Lele - Menurut eksportir, lele dumbo merupakan hasil perkawinan antara Taiwan lele Clarias fuscus dengan lele dumbo Clarias mosambicus. Namun pernyataan lain mengatakan lele dumbo lebih mirip dengan gariepinus Clarius yang tinggal di perairan Kenya, Afrika. Banyak literatur yang menjadi ciri lele dumbo ke dalam tipe kedua, termasuk artikel ini. Yang pasti, kebutuhan untuk mempelajari lebih lanjut dalam mengungkap asal-usul lele dumbo.