Komentar Pembaca

Mengenal apa itu Javascript

oleh asd fg (2020-10-29)

MeresponTrik PC

Bagi mereka yang tidak bergerak, akan bertanya, apa JavaScript? JavaScript adalah bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan dalam waktu dua puluh tahun. Bahkan JavaScript juga dikenal sebagai salah satu dari tiga bahasa pemrograman utama untuk pengembang web:

HTML: Anda dapat menambahkan konten ke halaman web.
CSS: tata letak, gaya dan halaman alignment.
JavaScript: Meningkatkan sistem dan tampilan halaman Web.
JavaScript bisa dipelajari dengan cepat dan mudah dan digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari meningkatkan fungsi situs untuk memungkinkan game (permainan) dan perangkat lunak secara online. Selain itu, ada ratusan template dan aplikasi JavaScript yang dapat Anda gunakan secara gratis dan itu semua berkat beberapa situs seperti Github.

sejarah JavaScript
Cara membuat Callback Function di Javascript - JavaScript dibuat dan dirancang untuk hari sepuluh oleh Brendan Eich, seorang karyawan Netscape, pada bulan September 1995. Awalnya bahasa pemrograman ini disebut Mocha, kemudian berubah Mona dan LiveScript sebelum akhirnya resmi menyandang nama JavaScript. Versi pertama dari bahasa terbatas hanya dari Netscape. Fungsionalitas yang ditawarkan terbatas. Namun, JavaScript dikembangkan oleh komunitas pengembang yang terus-menerus bekerja pada bahasa pemrograman ini.

Pada tahun 1996, JavaScript secara resmi disebut ECMAScript mana ECMAScript 2 diluncurkan pada tahun 1998 dan ECMAScript 3 diperkenalkan pada tahun 1999. ECMAScript berkembang menjadi JavaScript seperti yang kita kenal sekarang. digunakan tidak hanya lintas-browser, JavaScript juga bisa dalam berbagai perangkat, termasuk perangkat mobile dan komputer.

Sejak itu, JavaScript terus tumbuh dan berkembang. Pada akhirnya pada tahun 2016, naik 92% situs yang tidak dikenal menggunakan JavaScript. Hanya Dala jangka waktu dua puluh tahun, JavaScript telah pergi dari bahasa pemrograman yang sangat terbatas dan "primitif" telah menjadi salah satu alat yang paling penting untuk pengembang web. Jika sebagian besar waktu dihabiskan berselancar di Internet, maka Anda pasti sudah sangat akrab dengan JavaScript.