Komentar Pembaca

Informasi Seputar Teknik Sipil

oleh asd fg (2021-01-03)

MeresponTrik PC

Singkatnya, teknik sipil adalah departemen yang akan mendidiknya dalam "proyek infrastruktur mandor". Infrastruktur yang dimaksud sangat beragam dari bangunan, rumah, bangunan multi-lantai, jalan raya, jembatan, port, bandara dan banyak lagi.

Teknik Sipil menerapkan ilmu yang mencakup teknologi desain, membangun dan memelihara dan memperbaiki bangunan. Di luar negeri, Departemen Teknik Sipil ini dikenal sebagai insinyur sipil. Ruang lingkup Departemen Teknik Sipil tidak hanya difokuskan pada pembuatan konstruksi, tetapi juga bagaimana memilih bahan yang memadai, mengatur sumber daya air untuk merancang desain konstruksi.

Gelar Sarjana Teknik Sipil juga memiliki tanggung jawab besar sebagai manajer konstruksi yang akan mengawasi kegiatan dan kinerja orang-orang secara umum terlibat dalam proyek pembangunan. Oleh karena itu, tidak mengherankan dalam praktiknya nanti, ia juga membutuhkan keterampilan manajemen untuk mengelola pekerja, jadwal shift kerja, perhitungan material dan peralatan yang diperlukan dan menganalisis kemungkinan dampak lingkungan.

Selain membangun bangunan baru, tugas teknik sipil juga mencakup pemeliharaan dan perbaikan bangunan yang ada. Sebuah bangunan dapat mengalami perubahan fungsi atau penurunan kondisi selama masa manfaatnya, terutama jika ada kondisi bencana alam. Insinyur sipil harus dapat mengevaluasi jika bangunan masih layak atau harus diperbaiki atau bahkan harus diganti karena dikhawatirkan runtuh kapan saja.

Informasi Seputar Teknik Sipil - Untuk penjelasan yang lebih teknis, berikut ini adalah definisi departemen teknik sipil yang saya kutip dari situs web Teknik Sipil ITB:

"Teknik Sipil menerapkan ilmu yang mencakup merancang teknologi, membangun dan memelihara bangunan. Bangunan yang Anda rujuk di sini sangat beragam, mulai dari bangunan rumah sederhana dan bangunan multi-lantai, bendungan, naik Konstruksi instalasi dan transportasi infrastruktur, jembatan, mangsa, irigasi, infrastruktur produksi, hingga bangunan lautan tinggi, seperti fasilitas pengeboran minyak lepas pantai, serta berbagai instalasi pembangkit dan transmisi energi. "