Komentar Pembaca

Contribution concrete for hospital

oleh Puji Mawarni (2020-07-01)


Bahan bangunan yang satu ini mudah Anda temui terutama saat terjadi perbaikan saluran drainase pada ruas-ruas jalan. Bentuknya berupa silinder dan terbuat dari beton dengan diameter yang besar. Dalam istilah orang awam, material bernama buis beton ini lebih dikenal dengan gorong-gorong.

Buis beton (juga disebut dengan hong atau gorong-gorong) merupakan sebuah bahan konstruksi dari ukuran buis beton yang dibuat sedemikian rupa sehingga memiliki bentuk seperti pipa dengan tulangan maupun tanpa tulangan. Adapun yang dimaksud dengan tulangan ialah serangkaian besi baja yang disusun menjadi sebuah jaring-jaring tertentu dan ditanam ke dalam cetakan. Tulangan ini difungsikan sebagai penguat dari adukan mortar.

Namun dalam praktiknya, buis beton tanpa tulang lebih populer digunakan dibandingkan buis beton dengan tulang. Hal ini dikarenakan harga yang diberikan untuk buis beton dengan tulang lebih tinggi daripada buis beton tanpa tulang hingga tiga kali lipat. Di samping itu, proses produksi ukuran buis beton dengan tulang juga lebih lama.